welcome to my personal blog

This is my personal blog. you can read it if you want to know my personal life. if you like, you can follow me. if not, you can leave this blog. everyone involved in this blog are people who are near me. I apologize if there is written that offends you. thank you :)

Selasa, 05 November 2013

contoh DFD pada UKM


Pembuatan DFD Untuk Sistem Usaha Kecil Mandiri
            Pada postingan saya sebelumnya, saya telah membuat Contoh Sederhana Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Mandiri. Lalu saat ini saya akan memberikan contoh penggambaran DFD untuk Usaha Kecil Mandiri yang sebelumnya telah saya buat yaitu UKM yang bergerak di bidang makanan (Anggita’s Cake). Sebelum saya memberikan gambaran DFDnya, terlebih dahulu saya akan memberikan penjelasan tentang DFD.
            Data Flow Diagram (DFD) atau Diagram Alur Data adalah perangkat-perangkat analisis dan perancangan yang terstruktur sehingga memungkinkan penganalis sistem memahami sistem dan subsistem secara visual sebagai suatu rangkaian aliran data yang saling berkaitan. Aliran data merupakan perpindahan data dari satu titik ke titik yang lain (penggambarannya dengan cara kepala tanda panah mengarah ke tujuan datanya). Proses biasanya selalu menunjukkan suatu perubahan data dan terjadinya proses transformasi data. Penyimpanan Data (data store) diberi nama dengan kata benda, sesuai dengan data yang disimpan didalamnya.
DFD memiliki 3 jenis, yaitu :
  1. Diagram Konteks
  2. Diagram Level 0 dan
  3. Diagram Detil
Berikut ini contoh penggambaran DFD dari sistem UKM yang telah saya buat sebelumnya :
  • Diagram Konteks
 

  • Diagram Nol

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar