welcome to my personal blog

This is my personal blog. you can read it if you want to know my personal life. if you like, you can follow me. if not, you can leave this blog. everyone involved in this blog are people who are near me. I apologize if there is written that offends you. thank you :)

Senin, 07 Juli 2014

Banyak Masyarakat Indonesia Yang Belum Peduli Tentang Dunia Keuangan



            Saya membaca sebuah berita di website liputan6.com tentang 6 bukti masyarakat RI belum melek keuangan. Ternyata Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melakukan survey kepada 8000 penduduk Indonesia tentang literasi keuangan masyarakat Indonesia. Hasil surveynya adalah sebagai berikut :
1. Sektor perbankan
Sebagai sektor bisnis dengan pangsa pasar terbesar diantara seluruh industri keuangan, tercatat hanya 22% masyarakat indonesia yang memahami produk perbankan. Namun tingkat penggunaan jasa perbankan termasuk baik karena sudah mencakup 57% dari responden.
2. Industri Asuransi
OJK menemukan fakta hanya 18 orang dari 100 orang yang benar-benar memahami asuransi dan hanya 12% responden yang benar-benar memanfaatkan produk asuransi.
3. Sektor Pegadaian
Tercatat 15 orang dari 100 telah memahami pegadaian namun pemanfaatannya hanya 5%.
4. Lembaga Pembiayaan
Sebanyak 10% responden mengaku memahami produk lembaga pembiayaan. Sayangnya hanya 6% respoden yang mengaku memanfaatkan lembaga pembiayaan tersebut.
5. Dana Pensiun
Sedangkan mengenai dana pensiun hanya 7% yang paham dan 2% yang baru memanfaatkan

6. Pasar Modal
OJK menemukan hanya 4% dari 8.000 responden yang mengaku memahami pasar modal. Ironisnya hanya 1% masyarakat Indonesia yang benar-benar memanfaatkan keberadaan pasar modal.
Dari kasus tersebut dapat saya simpulkan banyak masyarakat Indonesia yang belum terlalu memahami masalah keuangan. Saya menyarankan, seharusnya pemerintah bisa lebih memberikan pengetahuan tentang dunia keuangan kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa lebih cerdas mengatur keuangannya. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengadakan seminar-seminar bertemakan keuangan atau perbankan yang diadakan bukan hanya di kampus-kampus saja, misalnya juga diadakan untuk masyarakat luas seperti di balai kota, kelurahan, dll. Selain itu, pihak bank juga harus membuat system yang baru dan praktis yang bisa memudahkan masyarakat untuk memahami dunia perbankan. Karena apabila masyarakat Indonesia lebih memahami dunia keuangan, maka bangsa Indonesia akan lebih sejahtera dan makmur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar