welcome to my personal blog

This is my personal blog. you can read it if you want to know my personal life. if you like, you can follow me. if not, you can leave this blog. everyone involved in this blog are people who are near me. I apologize if there is written that offends you. thank you :)

Jumat, 04 Juli 2014

Kejahatan Cyber Menyerang Dunia Perbankan



ANIS LESTARI
3DB11
30111915
TERAPAN KOMPUTER PERBANKAN


            Saat ini, hampir semua bidang pekerjaan dan pemerintahan mengalami masalah keamanan internal. Banyak kejahatan cyber yang terjadi salah satunya adalah di bidang perbankan. Kejahatan cyber merupakan suatu kegiatan peretasan data atau informasi yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kegiatan ini dapat meliputi perusakan data, pencurian data dan lain sebagainya. Contoh kejahatan cyber yang ada pada dunia perbankan antara lain : penyalahgunaan user_ID dan password nasabah oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab.
            Oleh karena itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyarankan kepada seluruh perusahaan yang bergerak di bidang keuangan atau perbankan meningkatkan keamanan internalnya. Hal ini dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas teknologi perusahaan tersebut untuk meminimalisir resiko terjadinya kejahatan cyber. Langkah-langkah yang bisa di ambil antara lain, perusahaan itu harus merekrut sumber daya manusia yang berkualitas. Perusahaan harus menerima calon pegawai yang ahli di bidang teknologi informasi (IT) dan perusahaan juga harus memperbarui system sesering mungkin.
            Kemudian untuk para pengguna layanan perbankan misalnya pengguna kartu kredit dan ATM disarankan untuk memperbarui password minimal sebulan sekali. Kemudian gunakan kombinasi angka dan huruf untuk membuat password dan jangan menggunakan tanggal kelahiran untuk membuat password.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar