welcome to my personal blog

This is my personal blog. you can read it if you want to know my personal life. if you like, you can follow me. if not, you can leave this blog. everyone involved in this blog are people who are near me. I apologize if there is written that offends you. thank you :)

Minggu, 08 Januari 2012

tugas menejemen umum IV


1.      Apa yang dimaksud dengan Kepemimpinan ( leadership ) serta apa yang
membedakan seorang pemimpin dengan seorang manajer ? jelaskan jawaban
anda!
Kepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas kelompok yang diatur untuk mencapai tujuan bersama.

Pemimpin adalah inti dari manajemen. Ini berarti bahwa manajemen akan tercapai
tujuannya  jika ada pemimpin. Kepemimpinan hanya dapat dilaksanakan oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai keahlian memimpin, mempunyai kemampuan mempengaruhi pendirian/pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya. Seorang pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama. Sedangkan Manajer adalah seorang mediator, Konflik selalu terjadi pada setiap tim dan organisasi. Oleh karena itu, pemimpin harus dapat menjadi seorang mediator (penengah).

2.      Jelaskan mengapa pengendalian menjadi penting dalam pelaksanaan fungsi
manajemen
.

Karena apabila dalam manajemen tidak ada pengendaliannya, tentunya manajemen itu akan berantakan dan tidak terkendali. Maka dari itu pengendaliannya sangatlah penting.


3.       Seseorang yang tadinya rajin di dalam pelaksanaan suatu pekerjaan tiba tiba
tanpa alasan yang jelas kemudian menunjukkan kinerja yang kurang memuaskan
diantaranya datang sering terlambat dan sering terlambat dalam menyerahkan
pekerjaannya.
Berdasarkan uraian diatas menurut anda kira kira apa yang terjadi dengan
karyawan tersebut? Jika anda menjadi atasan langsung dari karyawan tersebut apa
yang akan anda lakukan pada karyawan tersebut ?

Menurut saya, karyawan tersebut mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan dari atasannya. Misalnya atasan tersebut kurang memperhatikan karyawan itu. Atau bisa juga karena atasannya kurang bersikap ramah dengan karyawannya. Sehingga karyawan itu menjadi berubah.
Jika saya menjadi atasannya, pastinya saya akan lebih sering berkomunikasi dengan para karyawan, bersikap ramah, dan sering membantu apabila ada yang harus di bantu.
Sering melakukan pendekatan dengan karyawan, supaya saya mengetahui masalah apa yang sedang terjadi, sehingga karyawan itu menjadi berubah.
Misalnya saya mengetahui ada karyawan yang sakit, maka saya akan mengijinkannya untuk beristirahat di rumah sampai benar-benar sehat kembali.





1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus